MenkopUKM: Bazaar Kuliner G20 Momentum Perluas Pasar UMKM

MenkopUKM: Bazaar Kuliner G20 Momentum Perluas Pasar UMKM

KBRN, Jakarta: Festival kuliner saat G20 diharapkan dapat memperluas pasar Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Hal itu dikatakan Menteri Koperasi dan UKM (MenkopUKM) Teten Masduki.

Ia juga menekankan pentingnya bagi UMKM yang sudah terhubung dengan digital untuk terus diberdayakan. Agar mereka bisa memperluas pasar dengan dukungan platform digital dengan lebih optimal.

“Presidensi G20 menjadi momentum tepat untuk menunjukkan UMKM tanah air terus berkembang dan adaptif terhadap teknologi digital. Salah satunya melalui inisiatif dari platform digital untuk menciptakan ekosistem yang baik bagi UMKM dalam mengembangkan bisnisnya," katanya lewat keterangan tertulis, Selasa (15/11/2022). 

Ia berharap, UMKM bisa terus tumbuh dan go global. Mengingat, dari beberapa platform juga bisa memfasilitasi UMKM untuk diintegrasikan dengan beberapa layanan.

“Tinggal nanti Pemerintah bisa menghubungkan dengan akses pembiayaan, akses pasar, termasuk memfasilitasi usaha mereka. Dengan membentuk badan usaha, dan meraih sertifikasi halal, produk, dan sebagainya,” katanya.

Menurutnya, kolaborasi bisnis yang dilakukan dua startup raksasa Gojek dan Tokopedia (GoTo), diharapkan mampu menciptakan integrasi layanan. Yang semakin efisien dan mempecepat penguatan bisnis di sektor UMKM. 

Sementara, CEO GoTo Andre Soelistyo menuturkan, GoFood Culinary Bazaar menjadi salah satu upaya dalam memperkenalkan kuliner lokal. Dan pelaku UMKM kuliner ke dunia internasional.

“Ekosistem GoTo berkomitmen untuk turut mendukung kesuksesan KTT G20 melalui berbagai rangkaian inisiatif. Salah satunya lewat GoFood Culinary Bazaar yang menampilkan jajaran UMKM kuliner asli Bali," kata Andre.

Dirinya menambahkan, pihaknya berkolaborasi dengan Kementerian Koperasi dan UKM serta SMESCO untuk menyemarakkan KTT G20. Dengan meningkatkan keterlibatan UMKM lokal.

 "Kolaborasi ini sejalan dengan misi GoTo. Untuk mendorong kemajuan UMKM Indonesia," kata Andre.

Anda dapat menterjemahkan, menyiarkan ulang, menulis ulang dan atau menyalin konten ini dengan mencantumkan sumber (ANTARA, RRI atau TVRI).

Sumber: RRI