Menhub Apresiasi Kerja Pihak Penerbangan Selama KTT G20

Menhub Apresiasi Kerja Pihak Penerbangan Selama KTT G20

KBRN, Jakarta: Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengapresiasi kinerja para pemangku kepentingan penerbangan yang telah mengatur penerbangan pesawat VVIP. Termasuk pesawat regular domestik dan internasional dengan baik di Bandara Ngurah Rai selama penyelenggaraan KTT G20.

“Saya menyampaikan terima kasih kepada Kemenlu, TNI, Polri, Bea Cukai, Imigrasi, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), Airnav, AP I, Otoritas Bandara Wilayah IV Ngurah Rai, dan rekan-rekan dari Kemenhub. Di mana yang secara spartan dalam seminggu ini melakukan pengaturan keberangkatan dan kedatangan pesawat di Bandara Ngurah Rai,” kata Menhub, Jumat (18/11/2022). 

Menhub juga mengapresiasi kinerja dari maskapai penerbangan yang telah bekerja dengan baik dalam menghadapi adanya penyesuaian jadwal keberangkatan. Termasuk  kedatangan yang berjumlah lebih dari 200 kali lepas landas dan tiba kehadirannya dalam sehari.

"Saya apresiasi maskapai yang telah menjaga kelancaran konektivitas. Dan bisa memberikan pelayanan yang baik kepada para delegasi yang tidak menggunakan pesawat pribadi atau kenegaraan," ujarnya.

Ia menyebut suatu tingkat kesulitan yang tinggi mengingat ruang udara dan tempat parkir pesawat yang terbatas. Di mana lebih dari 20 negara membutuhkan tempat parkir pesawat.

Pengalaman itu, ujar Budi, menjadi berharga terutama bagi sektor penerbangan dan dapat menjadi tolok ukur dan standar kinerja pelayanan. Khususnya dalam menghadapi kegiatan nasional maupun internasional pada masa datang.

"Ini menjadi warna baru bagaimana kita melayani dengan baik. KTT G20 sudah berakhir, tetapi saya harap semangat melayani seperti yang dilakukan pada masa penyelenggaraan KTT G20 dapat menjadi cara kerja kita sehari-hari dan tetap memberikan kinerja yang terbaik untuk bangsa," katanya. 

Pada Kamis (17/11/2022) hingga Jumat (18/11/2022) dini hari tercatat 17 penerbangan pesawat kenegaraan. Serta pesawat reguler internasional yang melakukan keberangkatan dari Bandara Ngurah Rai.

Diantaranya pesawat Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida yang berangkat pukul 10.01 WITA, pesawat Presiden China Xi Jinping yang berangkat pukul 11.00 WITA. Dan pesawat Perdana Menteri Australia Anthony Albanese yang berangkat pukul 15.20 WITA.

Sedangkan pesawat terakhir yang berangkat dari Ngurah Rai yakni pesawat komersial. Di mana membawa Presiden Islamic Development Bank (IsDB) Mohammed Al Jasser pukul 00.30 WITA.

Anda dapat menterjemahkan, menyiarkan ulang, menulis ulang dan atau menyalin konten ini dengan mencantumkan sumber (ANTARA, RRI atau TVRI).

Sumber: RRI