Lima Rekomendasi W20 untuk Pimpinan Negara G20

Lima Rekomendasi W20 untuk Pimpinan Negara G20

KBRN, Nusa Dua: Komunike Women 20 (W20) menghasilkan lima rekomendasi penting untuk pemberdayaan perempuan. Rekomendasi itu langsung disampaikan kepada pimpinan negara G20 di Nusa Dua Bali yang berlangsung selama dua hari.

Co-Chair W20 Indonesia, Dian Siswarini mengatakan, kelima isu tersebut pertama non diskriminasi dan kesetaraan. Kedua, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) menjadi milik dan dipimpin oleh perempuan.

"Kemudian, ketiga respon kesehatan yang mengutamakan kesetaraan gender. Keempat kesetaraan pada perempuan pedesaan, dan terakhir adalah perempuan penyandang disabilitas," kata Dian usai memberikan keterangan pers, di Nusa Dua, Bali, Senin (14/11/2022) pekan ini.

Menurutnya, lima isu tersebut telah melalui pembahasan panjang pada berbagai event daerah di Indonesia bersama seluruh delegasi. Penetapan rekomendasi ini juga atas kesepakatan seluruh delegasi, karena juga menjadi isu strategis di negara-negara anggota G20.

“Kami melakukan berbagai macam Forum Group Discussion (FGD) untuk mendapatkan masukan. Dari FGD itulah, kami mendapatkan lima prioritas rekomendasi," ucapnya.

"Masukan itu Itu dari berbagai macam NGO, akademisi, swasta dan lain lain. Kemudian masukan itu kami usulkan ke delegasi W20 yang lain,” katanya, menambahkan.

Sementara itu, Head of delegation W20, Giwo Rubianti Wiyogo menilai lima  rekomendasi yang dihasilkan W20 Indonesia patut diapresiasi. Karena menyentuh seluruh aspek yang dibutuhkan perempuan.

Bahkan, menurutnya, rekomendasi seperti ini belum pernah ditemukan pada pertemuan negara G20 sebelumnya. Untuk itu, Giwo berharap para leader G20 di Nusa Dua dapat mengimpelementasikan rekomendasi tersebut agar perempuan tidak lagi terbelakang dalam segala bidang.

“W20 ini luar biasa belum pernah dan tidak biasa dilakukan oleh delegasi W20 sebelumnya. Jadi ini luar biasa, karena bisa menghasilkan keputusan lebih cepat dan itu memudahkan kami nanti untuk menyampaikan kepada para leader,” kata Giwo.

Rangkaian post summit W20 di Nusa Dua, terdapat enam pembicara yang merupakan para delegasi W20 2022. Mereka berasal dari Indonesia, India, Italia, Rusia, Turki, dan Amerika Serikat. 

Anda dapat menterjemahkan, menyiarkan ulang, menulis ulang dan atau menyalin konten ini dengan mencantumkan sumber (ANTARA, RRI atau TVRI).

Sumber: RRI