Ketua DPR Harap G20 Ciptakan Hasil Konkret

Ketua DPR Harap G20 Ciptakan Hasil Konkret

KBRN, Jakarta: Ketua DPR RI Puan Maharani mendukung pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang berlangsung di Bali. Ia berharap G20 dapat menciptakan hasil konkret dalam upaya mencegah resesi.

"G20 diharapkan dapat memperkuat koordinasi kebijakan fiskal dan moneter antar negara. Ini dalam mencegah perlambatan pertumbuhan ekonomi," kata Puan dalam keterangannya, Selasa (15/11/2022). 

Sementara itu terkait perubahan iklim, negara-negara G20 dinilai harus menjadi contoh negara-negara lain. Hal ini, kata Puan, sejalan dengan agenda pembangunan dunia yang bertujuan untuk kesejahteraan manusia secara global. 

"Negara-negara G20 harus lead by example dalam upaya mitigasi dan adaptasi dampak perubahan iklim. Sesuai tingkat pembangunannya," ucapnya. 

Puan juga meminta KTT G20 memberi perhatian bagi kepentingan negara berkembang. Terutama penduduk miskin yang terdampak langsung dari krisis dan pandemi Covid-19. 

Di sisi lain, mantan Menko PMK itu mengapresiasi kehadiran 17 negara anggota G20 secara langsung di Bali. Termasuk Presiden Amerika Serikat Joe Biden dan Presiden Republik Rakyat China Xi Jinping.

Menurutnya, hal ini membuktikan bahwa Indonesia dipercaya mampu menyelenggarakan KTT G20 dengan baik. Di tengah berbagai tantangan global mulai dari krisis energi, krisis pangan, dan krisis keuangan.

"Para pemimpin negara G20 berkomitmen hadir di Pulau Dewata untuk membahas berbagai persoalan global. Ini menjadi catatan penting," ujarnya.

Puan meminta agar kepercayaan dunia terhadap Pemerintah Indonesia harus dijaga sebaik mungkin. Persiapan dan kesiapan Indonesia sebagai tuan rumah disebut harus didukung oleh seluruh elemen masyarakat Indonesia. 

"Berbagai aturan yang diterapkan Pemerintah demi kelancaran pelaksanaan KTT G20. Jadi sudah selayaknya ditaati dan dipatuhi masyarakat Indonesia demi nama baik negara," ucapnya.

Anda dapat menterjemahkan, menyiarkan ulang, menulis ulang dan atau menyalin konten ini dengan mencantumkan sumber (ANTARA, RRI atau TVRI).

Sumber: RRI