Ledakan di Polandia, Para Pemimpin G7 Gelar Emergency Meeting di Sela KTT G20

Ledakan di Polandia, Para Pemimpin G7 Gelar Emergency Meeting di Sela KTT G20

Penulis: Intan Kusumawardani

TVRINews, Nusa Dua
Para pemimpin dari Kelompok Tujuh (G7) serta Spanyol dan Belanda mengadakan pertemuan darurat (emergency meeting) sebagai tanggapan atas serangan rudal di Polandia. 

Anggota NATO Polandia mengatakan bahwa roket buatan Rusia menewaskan dua orang pada hari Selasa (15/11) waktu setempat di Polandia timur dekat Ukraina. Ledakan itu terjadi setelah Rusia menyerang kota-kota di seluruh Ukraina dengan rudal.

Kementerian pertahanan Rusia membantah laporan bahwa rudal Rusia telah mendarat di Polandia dan menganggapnya sebagai sebuah provokasi yang sengaja dibuat untuk meningkatkan situasi.

Baca Juga: KTT G20 Belum Usai, Menlu Rusia Sergey Lavrov Tinggalkan Bali

Lebih lanjut, Pertemuan darurat tersebut diadakan oleh Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden yang sebelumnya mengatakan bahwa ledakan di Polandia kemungkinan bukan dari rudal yang ditembakkan oleh Rusia.

"Ada informasi awal yang membantahnya. Saya tidak ingin mengatakan itu sampai kami benar-benar menyelidikinya tetapi tidak mungkin sejalan dengan lintasan yang ditembakkan dari Rusia tapi kita lihat saja nanti,” kata Biden yang dikutip dari reuters, Rabu (16/11/2022).

Biden mengatakan pertemuan tersebut telah disetujui oleh para pemimpin negara G7 guna mengetahui apa yang sebenarnya telah terjadi di Polandia.

"Kami setuju untuk mendukung penyelidikan Polandia atas ledakan di pedesaan Polandia, dekat perbatasan Ukraina, dan mereka akan memastikan kami mengetahui dengan tepat apa yang terjadi," ucap Biden.

Baca Juga: Hari Ke-2 KTT G20, Presiden Jokowi Ajak Para Kepala Negara ke Tahura Bali 

Penentuan bahwa Rusia yang harus disalahkan atas ledakan itu dapat memicu prinsip pertahanan kolektif NATO yang dikenal sebagai Pasal 5, di mana serangan terhadap salah satu anggota aliansi Barat dianggap sebagai serangan terhadap semua, memulai pertimbangan tentang respons militer potensial.

Sebagai informasi, Para pemimpin negara G7 termasuk Amerika Serikat, Jerman, Prancis, Kanada, Italia, Inggris, dan Jepang saat ini tengah berada di Pulau Bali, Indonesia untuk melakukan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20.

Anda dapat menterjemahkan, menyiarkan ulang, menulis ulang dan atau menyalin konten ini dengan mencantumkan sumber (ANTARA, RRI atau TVRI).

Sumber: TVRI