Proyek Kereta Cepat, Menko Luhut: Harus Jadi dan Tidak Boleh Mundur! 

Proyek Kereta Cepat, Menko Luhut: Harus Jadi dan Tidak Boleh Mundur! 

Penulis: Ridha Gemelli Sitompul 

TVRINews, Nusa Dua
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, pemerintah Republik Indonesia memastikan komitmen untuk menuntaskan proyek Kereta Api Cepat Jakarta-Bandung (KCJB). 

Komitmen itu disampaikan Luhut dalam pertemuan bilateral antara RI dan Republik Rakyat China di Nusa Dua, Bali, Rabu (16/11/2022). 

Dalam laporannya, Luhut menjelaskan progres proyek KCJB sudah mencapai 80,40%. Ia memastikan kalau koordinasi terus dilakukan bersama perwakilan NDRC guna meyakinkan proyek itu pada pertengahan tahun depan dapat terselesaikan. ??"Ini harus jadi dan tidak boleh mundur. Itu adalah tekad saya pribadi untuk menyelesaikan ini," kata Luhut dalam pernyataannya, Rabu (16/11/2022). 

Luhut menambahkan, proyek KCJB merupakan salah satu proyek utama Indonesia Global Maritime Fulcrum and China's Belt Road Initiative yang menjadi kerja sama antara Indonesia dan China.

“Oleh karena itu, pemerintah Indonesia berkomitmen untuk memberikan dukungan penuh terhadap penyelesaian proyek ini baik dalam bentuk dukungan kebijaksanaan dan finansial sesuai ketentuan peraturan di Indonesia," ujar Luhut.?

Adapun, proyek KCJB telah menjadi batu loncatan untuk proyek-proyek kerja sama Indonesia dan China seperti kawasan industri di Morowali, Weda Bay, kawasan industri hijau Kalimantan Utara serta beberapa proyek kerja sama lainnya yang akan berdampak sangat signifikan terhadap pembangunan di Indonesia.??Luhut berharap, Presiden Xi Jinping dapat menghadiri peresmian operasional Kereta Api Cepat Jakarta-Bandung pada pertengahan tahun depan bersama dengan Presiden Joko Widodo.

Anda dapat menterjemahkan, menyiarkan ulang, menulis ulang dan atau menyalin konten ini dengan mencantumkan sumber (ANTARA, RRI atau TVRI).

Sumber: TVRI