Pemerintah Serius Bidding IKN untuk Olimpiade 2036

Pemerintah Serius Bidding IKN untuk Olimpiade 2036

Penulis: Christhoper Natanael Raja

TVRINews, Nusa Dua

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) secara resmi menyatakan kesiapan Indonesia untuk menjadi tuan rumah Olimpiade 2036 di Ibu Kota Nusantara (IKN) di sela-sela perhelatan KTT G20 berlangsung, Rabu (16/11/2022).

Presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC) Thomas Bach mengapresiasi pernyataan Kepala Negara tersebut. Ia menyatakan dukungannya yang telah dinyatakan sehubungan dengan netralitas politik olahraga serta menekankan kekuatan Olimpiade sebagai sarana persatuan. IOC menyambut hangat keinginan Indonesia untuk menjadi tuan rumah pesta olahraga terbesar ini.

“Melihat presentasi proyek Nusantara dan progres yang telah dilakukan, saya sangat kagum dengan visi Presiden Joko Widodo untuk membangun kota yang memiliki model kehidupan yang sustainable, dengan penekanan khusus pada kesehatan dan olahraga,” kata Thomas di Nusa Dua, Bali, Rabu (16/11).

Atas keseriusan Indonesia, IOC Future Host Commission selanjutnya akan menjalin komunikasi dengan IOC Member di Indonesia Erick Thohir dan Ketua Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia) Raja Sapta Oktohari. Menyikapi hal tersebut, Erick berterima kasih atas dukungan IOC terhadap kesiapan Indonesia untuk menjadi tuan rumah Olimpiade 2036. 

Sementara itu, Okto menjelaskan NOC Indonesia bersama Erick Thohir dan Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali akan bekerjasama merealisasikan arahan untuk menjadikan IKN sebagai tuan rumah Olimpiade 2036.

“Tentu setelah ini NOC Indonesia akan langsung melanjutkan pekerjaan yang berkaitan dalam proses bidding Olimpiade, sehingga misi kita untuk menjadi tuan rumah Olimpiade pertama di ASEAN dapat terwujud,” ujar Okto.

Amali pun menambahkan bahwa Indonesia sangat serius untuk menjadi tuan rumah Olimpiade 2036.  Menpora mengatakan bahwa menjadi tuan rumah Olimpiade dapat memberikan keuntungan intangible.

“Ini bukan semata-mata kita mencari keuntungan (provit). Tapi ada nilai yang lebih dari Olimpiade, dampaknya akan luar biasa terhadap olahraga kita. Indonesia punya DBON, dimana HUT RI ke-100 kita bisa menjadi lima besar dunia. Kita boleh dong punya mimpi,” tutur Amali.

Sebagai informasi, Indonesia belum secara resmi ditunjuk sebagai tuan rumah Olimpiade 2036 mendatang. Pasalnya, persaingan menuju tuan rumah masih terlalu panjang. Terdapat 15 negara lainnya yang juga melakukan bidding menuju tuan rumah Olimpiade 2036.

Anda dapat menterjemahkan, menyiarkan ulang, menulis ulang dan atau menyalin konten ini dengan mencantumkan sumber (ANTARA, RRI atau TVRI).

Sumber: TVRI