Menanam Mangrove di Tahura, Begini Kesan Para Kepala Delegasi G20 

Menanam Mangrove di Tahura, Begini Kesan Para Kepala Delegasi G20 

Penulis: Ridha Gemelli Sitompul 

TVRINews, Nusa Dua
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengajak para pemimpin negara G20 dan undangan meninjau Taman Hutan Raya (Tahura) Bali, Kota Denpasar, Bali, pada Rabu (16/11) pagi. 

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Abubakar yang turut mendampingi Presiden Jokowi pada acara tersebut menceritakan kekaguman para pemimpin G20. 

Presiden Prancis Emmanuel Macron memuji revitalisasi mangrove yang telah dilakukan Pemerintah Indonesia. 

“Ini impresif dan sangat baik. Ini adalah langkah nyata aksi (pertemuan) iklim Paris Agreement,” kata Siti, mengulang perkataan Macron dikutip, Kamis (17/11/2022). 

Baca Juga: Jurnalis Asing G20 Berburu Oleh-Oleh dari Hasil Tangan UMKM Bali

Tak hanya Macron, apresiasi terhadap keberadaan Tahura juga disampaikan Perdana Menteri Belanda Mark Rutte. Menurut Siti, Rutte menyebut Indonesia telah memulai langkah hebat. 

“Ini bagus sekali. Indonesia telah memulai dengan baik. Ide-ide Presiden Jokowi hebat,” puji Rutte, diulang kata Siti lagi. 

Rutte terlihat berbincang cukup lama dengan Siti Nurbaya serta Presiden Amerika Serikat Joe Biden di tempat istirahat yang disediakan usai berkeliling Tahura. Dalam perbincangan tersebut, Biden juga mengutarakan apresiasi terhadap Tahura. 

“(Tahura Ngurah Rai) bagus sekali. Langkah nyata yang sangat bagus. Mengesankan,” ujar Siti menirukan apa yang dikatakan Presiden Biden. 

Selain menyambut, Siti juga turut berjalan keliling kompleks hutan mangrove bersama para pimpinan delegasi G20. Ia tampak berbincang dengan beberapa tamu negara yang hadir di sana sepanjang acara. 

Baca Juga: KTT G20 Resmi Ditutup, Jokowi Serahkan Presidensi 2023 ke PM India

Misalnya saat para kepala negara lain asyik mendengarkan penjelasan pemandu serta Presiden Jokowi di bagian depan rombongan, Siti berada di belakang barisan berbincang dengan Presiden Prancis Emmanuel Macron. Mereka bahkan sampai menghentikan langkah tatkala berbincang. 

Sebagai informasi, penanaman mangrove oleh Presiden Jokowi dan para kepala delegasi merupakan salah satu agenda KTT G20. Kegiatan ini menunjukkan komitmen dan kepedulian pemerintah Indonesia terhadap pelestarian lingkungan hidup.

Anda dapat menterjemahkan, menyiarkan ulang, menulis ulang dan atau menyalin konten ini dengan mencantumkan sumber (ANTARA, RRI atau TVRI).

Sumber: TVRI