Kegiatan Lain

Pertemuan menteri digital anggota G20 diadakan pada September

Pertemuan menteri digital anggota G20 diadakan pada September
Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G. Plate (kanan) dan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan saat konferensi pers Kick-Off Digital Economy Working Group (DEWG) G20 di Hotel Grand Hyatt, Jakarta, Selasa (15/3). (ANTARA/Natisha Andarningtyas)
Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Johnny G. Plate mengatakan pihaknya akan mengundang para menteri di bidang digital dari seluruh negara anggota G20 untuk menghadiri Digital Economy Ministerial Meeting (DEMM) pada 1 hingga 2 September di Bali.

"Pada pertemuan tersebut, sebagai Menteri Kominfo, saya akan memimpin untuk mencapai kesepakatan tingkat menteri digital terkait hasil perundingan dari rangkaian DEWG di level senior officials sebelumnya," kata Johnny dalam konferensi pers "Kick Off Meeting DEWG G20 2022" di Grand Hyatt, Jakarta, Selasa, dikutip dari siaran pers.

Ia mengatakan pertemuan puncak menteri digital anggota G20 itu akan menghasilkan Ministers Declaration yang akan mendorong implementasi kebijakan dan kerjasama internasional dalam bidang ekonomi digital.

Baca juga: Kominfo targetkan pemulihan pascapandemi dalam DEWG G20

Sementara itu, keseluruhan acara working group dan engagement group akan bermuara pada Leaders Meeting yang akan dipimpin oleh Presiden Joko Widodo pada 15-26 November.

Bersamaan dengan penyelenggaraan Leaders Meeting, Johnny mengatakan Kementerian Kominfo akan menyelenggarakan Digital Transformation Expo (DTE) sebagai showcase perjalanan transformasi digital bangsa Indonesia kepada dunia.

“Kami mengundang seluruh pemangku kepentingan untuk turut menghadiri dan berkontribusi pada kegiatan tersebut," ujar Johnny.

Ia mengatakan bahwa Kominfo juga mendapat mandat untuk memandu penyelarasan berbagai isu transformasi digital lintas working group dan engagement group pada Presidensi G20 Indonesia.

"Kami melibatkan knowledge partners Indonesia, strategic stakeholders Indonesia dan berbagai mitra lain untuk memperkaya, mempertajam dan mempersiapkan penyelenggaraan seluruh sidang Digital Economy Working Group dengan baik," katanya.

Baca juga: Transformasi digital yang inklusif jadi tema besar di Presidensi G20

Pada bulan ini, telah menyelenggarakan dua kegiatan dalam rangkaian agenda DEWG, yaitu workshop internal pada 8 Maret dan "Kick Off Meeting" pada hari ini.

Selain itu, satu kegiatan mendatang, yakni Digital Economic Working Group Meetings pertama akan digelar secara virtual pada 29 hingga 30 Maret.

Pertemuan DEWG kedua akan berlangsung pada 17-18 Mei di Yogyakarta dan pertemuan ketiga pada 20-21 Juli di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur.

Pertemuan keempat akan diadakan pada 22 Juli di Lombok, Nusa Tenggara Barat serta Pertemuan Tingkat Menteri pada 29-30 Agustus 2022 di Bali.

Baca juga: Menkominfo: Presidensi G20 momentum tentukan arah ekonomi digital

Baca juga: Menkominfo: DEWG G20 jadi ajang etalase kemajuan digital Indonesia

Baca juga: DEWG prioritaskan isu transformasi digital Indonesia dan dunia
Anda dapat menterjemahkan, menyiarkan ulang, menulis ulang dan atau menyalin konten ini dengan mencantumkan sumber (ANTARA, RRI atau TVRI).

Sumber: ANTARA