Menuju G20

Kominfo: Pentingnya kolaborasi global seiring gelombang digitalisasi

Kominfo: Pentingnya kolaborasi global seiring gelombang digitalisasi
Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate saat menghadiri pertemuan pertama Digital Economy Working Group (DEWG) G20 di Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat, Selasa, 29 Maret 2022. (ANTARA/Rizka Khaerunnisa)
Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menegaskan saat ini kolaborasi global penting dilakukan karena gelombang digitalisasi telah menghubungkan dunia lebih kuat dari sebelumnya.

Menurutnya, digitalisasi ekonomi telah mendorong transformasi dalam ekosistem ke arah perilaku yang lebih berpusat pada data dan penciptaan nilai baru ekonomi.

Baca juga: Atraksi gendang beleq iringi pertemuan pertama DEWG G20 di Lombok

"Hal itu juga mendorong konektivitas yang lebih besar antara individu dan negara untuk memastikan kelangsungan ekosistem digital didorong pada upaya menangkap penciptaan nilai baru dalam ekonomi," katanya dalam pertemuan pertama Digital Economy Working Group (DEWG) di Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat, dikutip dari siaran pers pada Rabu.

Oleh sebab itu, peningkatan peran konektivitas digital dalam kegiatan ekonomi sehari-hari, kata Johnny, senantiasa relevan dalam pemulihan pascapandemi COVID-19.

"Bahkan pemanfaatan konektivitas digital, keterampilan digital dan literasi digital memainkan peran mendasar. Khususnya dalam mempersiapkan masyarakat untuk memanfaatkan ekosistem digital secara produktif secara inklusif, memberdayakan, dan berkelanjutan," katanya.

Melalui pertemuan pertama DEWG, Johnny menyatakan Pemerintah Republik Indonesia berharap dapat membangun dialog dan diskusi yang konstruktif antara negara berkembang dan maju mengenai peningkatan keterampilan di semua lapisan masyarakat.

Baca juga: Kominfo dorong transformasi digital yang inklusif melalui DEWG

Johnny turut mengapresiasi seluruh delegasi yang hadir secara virtual dan langsung dalam sidang pertama DEWG. Menurutnya, momentum ini dapat dimanfaatkan sebagai forum bersama untuk melanjutkan diskusi konstruktif yang diprakarsai dalam Workshop 1 DEWG G20.

"Saya berharap semua orang dalam keadaan sehat dan semangat yang tinggi. Saya percaya bahwa sesi yang akan diadakan hari ini dan besok akan menghasilkan diskusi yang bermanfaat yang akan berkontribusi terhadap tujuan DEWG," katanya.

Johnny juga meyakini bahwa pertemuan pertama DEWG mampu menjawab berbagai tantangan dan keprihatinan ekonomi digital.

"Kami menantikan konsensus yang dicapai tentang solusi yang terbentuk dari pertukaran pandangan dan kolaborasi yang bermanfaat untuk pemulihan bersama yang lebih kuat. Saya berharap yang terbaik untuk Pertemuan DEWG pertama hari ini," kata Johnny.


Baca juga: Kominfo ingin DEWG jembatani kepentingan negara berkembang dan maju

Baca juga: Pertemuan DEWG diharapkan jadi konsep dasar "Ministerial Declaration"

Baca juga: Pertemuan DEWG diharapkan jadi konsep dasar "Ministerial Declaration"
Anda dapat menterjemahkan, menyiarkan ulang, menulis ulang dan atau menyalin konten ini dengan mencantumkan sumber (ANTARA, RRI atau TVRI).

Sumber: ANTARA