Menuju G20

Kominfo sebut ITF berperan sukseskan DEWG G20

Kominfo sebut ITF berperan sukseskan DEWG G20
Chair DEWG Presidensi G20 Indonesia, Mira Tayyiba. ANTARA/HO-Kemenkominfo/aa.
Sekretaris Jenderal Kementerian Komunikasi dan Informatika Mira Tayyiba menyebut Industry Task Force (ITF) berperan penting dalam menyukseskan Digital Economy Working Group (DEWG) Presidensi G20 Indonesia 2022.

“Tentunya kami mengucapkan banyak terima kasih teman-teman industri sudah mendukung G20, mendukung Kominfo, dan khususnya Digital Economy Working Group yang memang Kominfo ampu. Ini pesta kita semua, panggung kita bersama. Jadi teman-teman mendukung kami, kami pun mendukung teman-teman,” ujar dia dalam siaran pers Kominfo, Jumat.

Baca juga: Indonesia dorong negara G20 punya indeks literasi digital

ITF DEWG G20 terdiri dari 11 perusahaan penyelenggara platform digital di Indonesia. Menurut Mira, penyelenggara DEWG sangat terbantu atas inisiatif mitra platform digital yang tergabung dalam ITF. Oleh karenanya, Kementerian Kominfo mengusulkan pembentukan tim koordinator.

“Kami sangat terbuka bila ada tambahan lagi teman-teman. The more the merrier, tapi tampaknya kalau sudah agak banyak begini kita perlu ada suatu koordinator supaya memudahkan dalam berkomunikasi. Yang saya pahami sudah ada WA grup-nya, tetapi akan lebih mudah bila kita bisa ada koordinator,” kata dia.

Lebih lanjut, penetapan koordinator diserahkan sepenuhnya kepada 11 platform digital yang tergabung di dalam ITF. Adapun mitra yang tergabung antara lain Traveloka, eFishery, WIR, GoTo, Halodoc, Telkomsel, Telkom Indonesia, Dana, Bukalapak, Grab dan Ruang Guru.

“Jadi saya betul-betul serahkan kepada teman-teman siapa koordinatornya. Silakan teman-teman sendiri menentukan karena ini bukan suatu yang formal, tidak ada membership. Ini sesuatu yang liquid, yang cair. Asalkan kita bisa komunikasi dengan baik, bisa kolaborasi kerjasama dengan baik, itu sudah sudah sangat membantu,” demikian kata Mira.

Kemudian, terkait penyelenggaraan DEWG 2nd Meeting yang akan diselenggarakan di Daerah Istimewa Yogyakarta pada 17-19 Mei 2022, Kementerian Kominfo sebagai pengampu DEWG memberikan kesempatan kepada ITF untuk turut berpartisipasi.




Baca juga: Talenta digital yang cakap dorong pertumbuhan ekonomi digital

Baca juga: Indonesia jembatani diskusi isu arus data lintas batas negara di G20

Baca juga: Indonesia dorong pembahasan ekonomi digital di G20
Anda dapat menterjemahkan, menyiarkan ulang, menulis ulang dan atau menyalin konten ini dengan mencantumkan sumber (ANTARA, RRI atau TVRI).

Sumber: ANTARA