Kegiatan Lain

Menko Airlangga berharap pertemuan C20 hasilkan saran konkret bagi G20

Menko Airlangga berharap pertemuan C20 hasilkan saran konkret bagi G20
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. ANTARA/HO-Kemenko Perekonomian/aa.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian berharap pertemuan Civil 20 menghasilkan saran-saran yang konkret untuk pemerintah G20, terutama terkait dengan pemulihan ekonomi global dari dampak COVID-19 yang merata.

"Untuk itu, saya menyambut baik saran dari C20 bagaimana kita bisa mencoba memberikan pendekatan baru dalam mendukung pemulihan dunia di tengah situasi yang luar biasa ini,” kata Airlangga dalam C20 Kick Off Ceremony and Meeting, sebagaimana dikutip dari keterangan resmi, Senin.

C20 merupakan engagement group yang lahir dari hasil Deklarasi G20 Seoul 12 tahun lalu ketika para pemimpin G20 memutuskan bahwa pemerintah perlu terlibat dengan organisasi masyarakat sipil untuk mencapai pemulihan krisis keuangan global yang lebih kuat.

Isu prioritas yang dibahas dalam pertemuan C20, antara lain akses vaksin dan kesehatan global, lingkungan, keadilan iklim, transisi energi, pembangunan berkelanjutan, dan kemanusiaan, pendidikan, digitalisasi, ruang sipil, kesetaraan gender, korupsi, perpajakan, dan keuangan berkelanjutan.

Prioritas C20 tersebut berkorelasi dengan agenda utama Presidensi G20 Indonesia yakni dalam memperkuat arsitektur kesehatan global, mendorong transformasi ekonomi berbasis digital, dan transisi energi.

“Isu-isu ini tersebut tidak hanya penting bagi kita di Indonesia, tetapi juga bagi masyarakat global karena merupakan dasar bagi pemulihan pascapandemi yang lebih kuat. Hal tentunya diharapkan solusi yang muncul dapat diimbangi dengan upaya untuk membawa hasil yang nyata sehingga masyarakat bisa mendapatkan keuntungan," ucap Menko Airlangga.

Ia pun menyampaikan dukungan kepada pertemuan C20 dengan tema Listening to the World sebagai upaya untuk mewakili kelompok masyarakat yang sebelumnya kurang terdengar dan terwakili.

Nilai inklusivitas yang terkandung dalam pertemuan C20, menurut Airlangga, penting untuk menopang kolaborasi dalam rangka pemulihan ekonomi global dan akses pada vaksin COVID-19 yang merata bagi seluruh masyarakat dunia.

Baca juga: Menko Airlangga: Forum C20 beri ide dan solusi bagi G20

Baca juga: Menko Airlangga: Karantina jamaah umrah dan PPLN jadi 1 hari

Anda dapat menterjemahkan, menyiarkan ulang, menulis ulang dan atau menyalin konten ini dengan mencantumkan sumber (ANTARA, RRI atau TVRI).

Sumber: ANTARA