Menuju G20

Forkopimda - Bappenas matangkan persiapan G20 di Belitung

Forkopimda - Bappenas matangkan persiapan G20 di Belitung
Forkopimda Babel bersama Bappenas rapat koordinasi persiapan G20 di Belitung Jumat (10/6/2022). (Diskominfo Babel)
Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung bersama Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) mematangkan persiapan penyelenggaraan Group of Twenty (G20) pada 7 hingga 9 September 2022 di Belitung.

"Kesuksesan kita dalam penyelenggaraan G20 ini akan menaikkan harga diri, dan martabat bangsa ini," kata Penjabat (Pj) Gubernur Babel Ridwan Djamaluddin di Pangkalpinang, Sabtu.

Ia mengatakan pembahasan pelaksanaan pertemuan tingkat menteri pembangunan G20 Presidensi Indonesia serta Event Organizer (EO) G20 untuk kesuksesan Pulau Belitung menjadi tuan rumah G20 akan menjadi penilaian vital di mata dunia.

Baca juga: Pemkab Belitung data jumlah kamar hotel untuk delegasi G20

"Kita fokusnya ke sana, fokusnya kita melayani tamu kita sebaik-baiknya. Kita kawal sama-sama, fokuskan pada tujuan," katanya.

Menurut dia, pembahasan rapat persiapan G20 pada Jumat (10/6) di Belitung bersama Bappenas, Pemkab Belitung menindaklanjuti perkembangan maupun kendala dipaparkan setiap pihak sesuai peranannya.

Minsalnya sektor keamanan oleh TNI/Polri, kesehatan melalui Dinas Kesehatan, ketersediaan internet oleh Kementerian dan Dinas Kominfo Babel, kelistrikan dari PT PLN, juga ketersediaan bahan bakar dari Pertamina, serta transportasi, baik darat, laut, dan udara, tidak luput dalam pembahasan dalam rapat itu.

Baca juga: Babel sediakan internet berkecepatan tinggi sukseskan G20 di Belitung

"Pertama, mereka langsung memaparkan rencana kegiatan secara mendetail, sehingga kami di pemerintah provinsi dan kabupaten sudah tahu persis apa yang dilakukan. Kedua, ada beberapa birokrasi yang harus diselesaikan mengenai pembangunan infrastruktur, dan pembiayaannya," katanya.

Ia menyatakan rencana-rencana pemenuhan infrastruktur sudah terpetakan dengan baik, sehingga pihaknya akan segera menindaklanjuti masukan-masukan yang ada, seperti jalan, ruang VIP bandara, dan beberapa lokasi lainnya, juga hal-hal yang menjadi tupoksi dari Pemprov. Kepulauan. Babel untuk menyukseskan G20 nanti.

"Hal ketiga yang penting adalah soal pengamanan, karena ini akan datang lebih dari 120 delegasi, plus dari dalam negeri-nya, sehingga kita harus menyiapkan juga pengamanan yang memadai, dan juga mengantisipasi kemungkinan Pak Presiden kalau berkenan hadir," katanya. 

Baca juga: Pemprov Babel mantapkan persiapan G20 di Pulau Belitung
Anda dapat menterjemahkan, menyiarkan ulang, menulis ulang dan atau menyalin konten ini dengan mencantumkan sumber (ANTARA, RRI atau TVRI).

Sumber: ANTARA